- melepas Throttle Body & Injektor dari saluran masuk mesin
- melepas ECU
- melepas pompa bensin
- melepas sensor2 mesin (sensor udara, sensor gas buang dll). Kalo setelah dicopot ada bagian yg jadi bolong, ditutup.
- membeli CDI & kabelnya
- membeli karburator & intake manipol (saluran masuk) yg sesuai.
- merangkai CDI, karburator & menyetelnya.
Mengapa diganti jadi karbu bro? Mau buat balapan?
Sebenernya enakan injeksi lho, karena campuran bensin & udara selalu tepat (di angka 1:14,7, AFR ideal). Dengan setelan yg tepat, motor karbu di putaran rendah bisa mengungguli motor injeksi. Tapi di putaran menengah-tinggi, motor injeksi akan unggul karena napasnya panjang & tdak ada habisnya, ini disebabkan berapapun permintaan mesin, campuran udara & bensin akan selalu tersedia & tepat.jumlahnya. Makanya motor injeksi bisa lebih irit. Kalo mau buat balapan, jika ECUnya bisa distel, lebih enak pakai motor injeksi karena utk nyetel mesin cukup pake software komputer, tinggal diste di laptop. Nantinya pasti ada yg bikin ECU aftermarket yg bisa distel. Kalo takut akan perawatannya, selama ada bengkel resmi Yamaha, tidak masalah karena bengkelnya sudah punya peralatan utk mendiagnosa kerusakan & alat pembersih injektor. Jsutru motor injeksi itu perawatannya lebih minim karena setelan mesin akan menyesuaikan sendiri, tidak seperti mesin karbu yg selalu harus disetel agar larinya enak.
- melepas ECU
- melepas pompa bensin
- melepas sensor2 mesin (sensor udara, sensor gas buang dll). Kalo setelah dicopot ada bagian yg jadi bolong, ditutup.
- membeli CDI & kabelnya
- membeli karburator & intake manipol (saluran masuk) yg sesuai.
- merangkai CDI, karburator & menyetelnya.
Mengapa diganti jadi karbu bro? Mau buat balapan?
Sebenernya enakan injeksi lho, karena campuran bensin & udara selalu tepat (di angka 1:14,7, AFR ideal). Dengan setelan yg tepat, motor karbu di putaran rendah bisa mengungguli motor injeksi. Tapi di putaran menengah-tinggi, motor injeksi akan unggul karena napasnya panjang & tdak ada habisnya, ini disebabkan berapapun permintaan mesin, campuran udara & bensin akan selalu tersedia & tepat.jumlahnya. Makanya motor injeksi bisa lebih irit. Kalo mau buat balapan, jika ECUnya bisa distel, lebih enak pakai motor injeksi karena utk nyetel mesin cukup pake software komputer, tinggal diste di laptop. Nantinya pasti ada yg bikin ECU aftermarket yg bisa distel. Kalo takut akan perawatannya, selama ada bengkel resmi Yamaha, tidak masalah karena bengkelnya sudah punya peralatan utk mendiagnosa kerusakan & alat pembersih injektor. Jsutru motor injeksi itu perawatannya lebih minim karena setelan mesin akan menyesuaikan sendiri, tidak seperti mesin karbu yg selalu harus disetel agar larinya enak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar